Solusi untuk mengatasi masalah kayu glugu

Kayu kelapa atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan istilah kayu glugu. Jenis kayu kelapa yang memiliki struktur serat lurus dan kuat sehingga sering digunakan sebagai bahan bangunan rumah, baik digunakan untuk tiang penopang maupun struktur rangka atap.
Melihat tekstur dan warna serat-nya yang sangat exotic, tidak jarang para disainer architecture yang ingin menggunakan material kayu glugu ini untuk lantai, pintu, dinding atau pagar rumah, bahkan ada yang menggunakannya sebagai material furniture.

Adapun masalah menggunakan Kayu Kelapa (glugu) yaitu :

  1. Material kayu glugu ini tergolong jenis kayu yang rentan terhadap serangan rayap atau serangga bubuk kayu atau yang sering disebut dengan istilah teter atau Pinhole.
  2. Kayu glugu mempunyai serat lurus dan kaku dan tajam, dimana jika teknik finishingnya tidak halus sempurna serat kayu glugu dapat menyusup dan berbahaya. Disisi lain, tidak semua jenis material finishing seperti melamine atau nitro cellulose (NC) dapat melekat sempurna pada permukaan material kayu yang mempunyai kadar minyak yang tinggi seperti ini.

Solusi untuk mengatasi masalah kayu glugu?

Gunakanlah Biocolours water based Acrylic wood coating, karena Bahan Biocolours water based Acrylic wood coating merupakan bahan finishing kayu yang dapat berasosiasi sempurna dengan kandungan air dan minyak alami yang ada didalam struktur serat kayu, demikian halnya dengan kayu glugu yang exotis.