Pengertian Cat Water Based dari Berbagai Aspek

Apa pengertian cat water based? Dilihat dari istilahnya, cat water based atau cat berbasis air adalah cat yang menggunakan air sebagai salah satu komponennya. Air digunakan sebagai pelarut baik untuk membuat formula cat, maupun untuk mengencerkan produk tersebut ketika akan diaplikasikan.
Hal ini berbeda dengan kebanyakan cat yang beredar di Indonesia. Mayoritas cat di Indonesia tergolong sebagai cat solvent based atau cat berbasis solvent (minyak) yang memanfaatkan thinner atau spiritus. Hal ini menjadikan cat berbasis air sebagai produk yang menarik disimak. Pengertian cat water based dari aspek kelestarian alam maupun kualitasnya tidak bisa disamakan dengan solvent based paint.

Makna Cat Water Based dari Aspek Kelestarian Alam


Produk water based paint & coating memiliki makna khusus ketika sudut pandang kelestarian alam digunakan. Water based paint menawarkan teknologi baru yang lebih aman dan ramah lingkungan. Pasalnya, pelarut seperti thinner dan spiritus yang digunakan cat solvent mengandung banyak Volatile Organic Compounds atau senyawa organik mudah menguap. Padahal, senyawa-senyawa tersebut memiliki efek yang buruk bagi kelestarian alam dan kesehatan manusia.
VOC dapat meningkatkan jumlah O3 (Ozon) di permukaan bumi. Pada lapisan stratosfer, ozon memang memiliki efek yang baik karena mampu menangkal radiasi ultraviolet. Akan tetapi di bagian permukaan bumi, O3 malah meningkatkan efek rumah kaca. Menurut EPA, berbagai kandungan VOC seperti benzena dan formalin juga terbukti secara langsung toksik pada organisme. Paparan VOC meningkatkan resiko kanker, gangguan organ dalam, dan penurunan fungsi kecerdasan.

Pengertian Cat Water Based dari Aspek Kualitas Dibanding Solvent Based

Selain memiliki makna khusus bagi kelestarian alam, pengertian cat water based juga memiliki tempat spesial bila aspek kualitas digunakan. Teknologi water based memiliki percepatan pertumbuhan yang lebih tinggi dibanding solvent based.
Cat water based memang baru-baru ini booming di Amerika. Lima belas tahun lalu, hampir semua cat yang beredar di pasaran adalah oil based paint. Tetapi pada rentang lima belas tahun tersebut, water based paint telah menguasai 80% pasar Amerika. Di Indonesia, perkembangannya memang tidak secepat itu. Tapi tuntutan pasar ekspor dan peningkatan kesadaran masyarakat yang akan berdampak sangat baik bagi perkembangan water based paint. Dengan demikian, keunggulan kualitas water based paint dari aspek warna, kilau, kekuatan film, hingga daya tahannya, hanyalah persoalan waktu saja.