Ini Dia Keuntungan Cat Water Based Dibanding Oil Based!

Apa saja keuntungan cat water based dibanding oil based? Pertama, perlu dipahami dulu bahwa perbedaan cat water based dan oil based bukan sekedar dari pelarutnya. Sebab, ketika pelarut atau pengencer yang digunakan berbeda, otomatis komponen lainnya juga bisa berbeda meski prinsip fungsinya masih sama. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan signifikan antara oil based dengan water based paint.

keuntungan cat water based

Berikut ini 5 keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan aplikasi cat water based, terutama cat berbasis air Biocolours :

1. Jauh Lebih Aman dan Ramah Lingkungan

Tak bisa dipungkiri salah satu kelebihan cat water based adalah sifatnya yang aman dan ramah lingkungan. Sebab, cat water based tidak menggunakan solvent yang membahayakan kesehatan. Dikutip dari ECHA (European Chemical Agency), solvent dapat berakibat buruk bagi kesehatan organ dalam dan lingkungan. Seri cat berbasis air Biocolurs bahkan bukan hanya tidak mengandung VOC tapi juga tidak mengandung logam berat maupun ftalat. Seri cat Biocolours juga tersedia dalam standar food grade yang cocok untuk finishing atau mengecat alat makan dan mainan kayu.

2.Ongkos Produksi Lebih Rendah

Dari aspek ongkos produksi, keuntungan cat water based yang Anda dapatkan adalah hematnya biaya yang harus dikeluarkan. Pengecatan atau finishing produk dengan cat water based Biocolours memerlukan dana lebih sedikit dibanding oil based paint karena:
•    Daya sebar luas
•    Ongkos kirim besar
•    Kualitas warna terjamin
•    Menggunakan pelarut air sehingga tidak perlu mengeluarkan dana untuk spiritus atau thinner
•    Lebih aman digunakan sehingga jaminan untuk resiko pekerja dapat diturunkan

3.Lebih Tahan Lama

Lapisan coating water based memiliki film flexibility sangat baik. Akibatnya, cat tidak mudah retak ketika terpapar suhu panas maupun dingin. Lapisan cat akan mengikuti dinamika suhu. Cat water based Biocolours juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan heavy duty seperti untuk mengecat lantai decking (Biocolours Polyurethane).

4.Aplikasi Beragam

Keuntungan cat water based lain yang bisa didapat adalah dari karakternya yang fleksibel saat diaplikasikan. Cat water based Biocolours dapat diaplikasikan dengan aman dan bagus dengan pengkuasan, penyemprotan, scrape, perendaman, hingga pencelupan (misal untuk finishing mainan kayu).

5.Teknologi Semakin Maju

Permintaan pasar pada produk-produk aman dan ramah lingkungan terus mengalami peningkatan. Demikian juga berlaku untuk water based paint. Hal ini menimbulkan kompetisi antar perusahaan cat water based untuk mengungguli satu sama lain. Dan pada akhirnya, teknologi cat water based terus meningkat seiring waktu. Sedangkan solvent based justru malah akan mulai ditinggalkan sehingga perkembangan teknologi dan kualitasnya tidak seperti water based paint.

Demikian 5 keuntungan cat water based. Semoga bermanfaat!